BAB II
Hubungan antara perusahaan denganpelanggan sangat penting dan harus dijaga agar ada
rasa terikat / loyalitas terhadap perusahaan.Untuk mewujudkan loyalitas pelanggan, perusahaan melakukan berbagai halun tukmenjaga kepuasan konsumennya.
Adapun sebagian cara untuk menciptakan hubungan tersebut seperti:
1. Pelanggan harus diyakinkan dan merasa di
pedulikan
2. Menghargakan berbagai produk/ jasa secara
wajar
3. Usahakan supaya pelanggan mengingat kita
dan alamat usaha kita
4. Jaga kebersihan dan kerapian mobil
5. Penting bagi karyawan untuk mempersiapkan
diri mereka
Adapuncara yang saya lakukan untuk menciptakan rasa
loyalitas konsumen saya nantinya antara lain:
1.
Memberikan pelayanan yang terbaik
2.
Menetapkan harga yang pantas
3.
Karyawan yang
tanggap, rapi, ramah, dan siap membantu pelanggan yang
mempunyai kesulitan
b. KemitraandenganPemasok
(supplier partnership)
Tidak ada satu perusahaan pun yang mampu
menjalankan aktivitasnya tanpa keterlibatan para pemasoknya. Begitu banyak
pemasok yang telah menjadi mitra kita baik sebagai penyedia jasa sehingga
membutuhkan suatu pengelolaan yang efektif. Efektif berarti kita mempunyai
prioritas dalam mengelola hubungan bisnis dengan penyedia jasa.
Adapun usaha saya untuk membangun kemitraan dengan pemasok yaitu:
1.
Melakukan kerja sama dengan penyedia jasa yang utama
2.
Saat ada mobil yang rusak, atau
yang harus diganti, maka mobil disiapkan dari penyedia jasa yang utama
3.
Bila mobil tidak tersedia baru mencari ke penyedia jasa yang
lain
c. Kemitraanantarperusahaan
(lateral partnership)
Untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan lain (warnet lain), ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu, tidak menurunkan harga lebih rendah dengan tujuan pelanggan perusahaan lain
beralih pada perusahaan yang
kita miliki, melakukan kerja sama seperti sharing tentang berbagai hal yang berkaitan dengan usaha. Maksudnya disini adalah bersaing secara sehat dan menganggap perusahaan lain sebagai teman, bukan lawan.
d. Kemitraan
Internal (internal partnership)
Karyawan merupakan aset penting yang
dimiliki perusahaan. Sekalipun tidak mempunyai pengaruh besar dalam proses
pengambilan keputusan, karyawan adalah aset yang paling banyak kuantitasnya
dalam perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengetahui dan
memahami benar apa yang menjadi hak-hak karyawan.
Hal yang dilakukan untuk menjaga hubungan dengan karyawan yaitu:
1. Komunikasi lancer dengan karyawan
2. Memperhatikan karyawan
3. Memenuhi hak keryawan
4. Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan
(menampung aspirasi karyawan)
e. Bentuk lainnya, hubungan dengan masyarakat di
sekitarnya, hubungan dengan lembaga keuangan bank ataupun non bank, dll
Dalam mendirikan perusahaan kita tidak lepas dari lingkungan terutama masyarakat sekitar. Agar usaha berjalan dengan baik, maka hubungan dengan masyarakat harus baik pula. Pendirian perusahaan tersebut jangan sampai mengganggu kenyamanan masyarakat.
Adapun cara untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat yaitu:
1.
Menjaga kenyamanan masyarakat
2.
Memberikan sumbangan saat masyarakat mengadakan acara, dll
Dalam mendirikan rental mobil, dibutuhkan dana yang cukup besar. Salah satu cara untuk memperoleh dana tersebut yaitu dengan bekerja sama dengan bank. Cara menjaga hubungan dengan bank yang paling umum adalah membayar kredit dengan lancer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar