Selasa, 04 Juni 2013

Hubungan Pelanggan

BAB II

a.  HubunganPelanggan (customer relationship)
Hubungan antara perusahaan denganpelanggan sangat  penting dan harus dijaga agar ada rasa terikat / loyalitas terhadap perusahaan.Untuk mewujudkan loyalitas pelanggan,  perusahaan melakukan berbagai halun tukmenjaga kepuasan konsumennya.
Adapun sebagian cara untuk menciptakan hubungan tersebut seperti:
1.      Pelanggan harus diyakinkan dan merasa di pedulikan
2.      Menghargakan berbagai produk/ jasa secara wajar
3.      Usahakan supaya pelanggan mengingat kita dan alamat usaha kita
4.      Jaga kebersihan dan kerapian mobil
5.      Penting bagi karyawan untuk mempersiapkan diri mereka
Adapuncara yang saya lakukan untuk menciptakan rasa loyalitas konsumen saya nantinya antara lain:
1.      Memberikan pelayanan yang terbaik
2.      Menetapkan harga yang pantas
3.      Karyawan yang tanggap, rapi, ramah, dan siap membantu pelanggan yang mempunyai kesulitan
b.        KemitraandenganPemasok (supplier partnership)
Tidak ada satu perusahaan pun yang mampu menjalankan aktivitasnya tanpa keterlibatan para pemasoknya. Begitu banyak pemasok yang telah menjadi mitra kita baik sebagai penyedia jasa sehingga membutuhkan suatu pengelolaan yang efektif. Efektif berarti kita mempunyai prioritas dalam mengelola hubungan bisnis dengan penyedia jasa.
Adapun usaha saya untuk membangun kemitraan dengan pemasok yaitu:
1.      Melakukan kerja sama dengan penyedia jasa yang utama
2.      Saat ada mobil yang rusak, atau yang harus diganti, maka mobil disiapkan dari penyedia jasa yang utama
3.      Bila mobil tidak tersedia baru mencari ke penyedia jasa yang lain

c.         Kemitraanantarperusahaan (lateral partnership)
Untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan lain (warnet lain), ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu, tidak menurunkan harga lebih rendah dengan tujuan pelanggan perusahaan lain beralih pada perusahaan yang kita miliki,  melakukan kerja sama seperti sharing tentang berbagai hal yang berkaitan dengan usaha.  Maksudnya disini adalah bersaing secara sehat dan menganggap perusahaan lain sebagai teman, bukan lawan.
d.        Kemitraan Internal (internal partnership)
Karyawan merupakan aset penting yang dimiliki perusahaan. Sekalipun tidak mempunyai pengaruh besar dalam proses pengambilan keputusan, karyawan adalah aset yang paling banyak kuantitasnya dalam perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengetahui dan memahami benar apa yang menjadi hak-hak karyawan.
Hal yang dilakukan untuk menjaga hubungan dengan karyawan yaitu:
1.      Komunikasi lancer dengan karyawan
2.      Memperhatikan karyawan
3.      Memenuhi hak keryawan
4.      Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan (menampung aspirasi karyawan)
e.  Bentuk lainnya, hubungan dengan masyarakat di sekitarnya, hubungan dengan lembaga keuangan bank ataupun non bank, dll
Dalam mendirikan perusahaan kita tidak lepas dari lingkungan terutama masyarakat sekitar. Agar usaha berjalan dengan baik, maka hubungan dengan masyarakat harus baik pula. Pendirian perusahaan tersebut jangan sampai mengganggu kenyamanan masyarakat.
Adapun cara untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat yaitu:
1.      Menjaga kenyamanan masyarakat
2.      Memberikan sumbangan saat masyarakat mengadakan acara, dll
Dalam mendirikan rental mobil, dibutuhkan dana yang cukup besar. Salah satu cara untuk memperoleh dana tersebut yaitu dengan bekerja sama dengan bank. Cara menjaga hubungan dengan bank yang paling umum adalah membayar kredit dengan lancer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar