Selasa, 04 Juni 2013

SEGMENTASI, TARGETING dan POSITIONING


BAB 4
SEGMENTASI, TARGETING dan POSITIONING
A.    Segmentasi
§  Geografis
Kami sengaja membuka usaha rental mobil di lingkungan kami sendiri yang terletak di kota Malang. Karena daerah kami ada di lingkungan mahasiswa. Jadi dengan adanya mahasiswa dan masyarakat sekitar, kami punya peluang untuk membangun usaha rental.
§  Demografis
Rental mobil kami tidak ada target usia dan kelamin. Karena jasa kami dapat dinikmati oleh siapapun baik usia remaja atau manula, baik yang sudah berkeluarga atau belum berkelurga dan juga dapat dinikmati oleh konsumen yang sudah bekerja atau yang masih sekolah bahkan di bawah umur sekalipun.
§  Psikografis
Kita memberikan harga terjangkau sesuai kebutuhan jadi bisa dinikmati mereka kelas menengah dan menengah keatas.
§  Perilaku
Konsumen tidak perlu repot untuk menjangkau rental mobil kami saat memerlukan atau membutuhkan. Dan dengan keramahan, ketrampilan dan ketelitian kami, maka akan tercipta loyalitas dan kepuasan konsumen.


B.     Targeting
Dari beberapa target market, usaha rental mobil kami masuk dalam kategori product specialization. Yang dimaksud adalah perusahaan hanya berkosentrasi membuat produk tertentu, melalui cara ini, perusahaan membangun reputasi yang kuat di produk yang spesifik. Namun resikonya tetap ada, yaitu apabila terjadi kekurangan bahan untuk pembuatan produknya atau keterlambatan melakukan perubahan teknologi. Jadi penjelasannya, karena produk yang kami hasilkan adalah kenyamanan bertransportasi, maka kami harus memberikan hasil dan pelayanan yang berkualitas bagus.
Pada perusahaan saya, segmentasi saya adalah para mahasiswa yang membutuhkan persewaan mobil yang dibuat berwisata atau study tour dengan harga yang relative murah. Targeting dari pemasaran produk rental mobil ini lebih menitik beratkan pada konsumen dengan kemampuan finansial yang cukup. Sehingga dengan segmentasi dan targeting tersebut bisa meningkatkan jumlah pelanggan. Saya juga menyediakan jasa supir pribadi, namun untuk anda yang hendak menggunakan sendiri alias tanpa jasa supir biasanya saya  menyertakan beberapa syarat dan ketentuan.


C.     Positioning
Produk inti dari jasa saya adalah rental mobil yang mana saya menyediakan persewaan mobil untuk para mahisiswa atau pelajar yang membutuhkan peminjaman mobil untuk berwisata atau study tour. Produk tambahan dalam jasa saya selain rental mobil, para penyewa mobil akan mendapatkan produk tambahan dari saya yaitu berupa snack dan dalam mobil rental saya ada tambahan GPRS, TV,dll. Produk actual yaitu salah satunya GPRS yang dimana ketika para konsumen menggunakan jasa saya akan merasa nyaman internet-an selama perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar