BAB 4
SEGMENTASI,
TARGETING dan POSITIONING
A.
Segmentasi
§ Geografis
Kami
sengaja membuka usaha rental mobil di lingkungan kami sendiri yang terletak di
kota Malang. Karena daerah kami ada di lingkungan mahasiswa. Jadi dengan adanya
mahasiswa dan masyarakat sekitar, kami punya peluang untuk membangun usaha
rental.
§ Demografis
Rental
mobil kami tidak ada target usia dan kelamin. Karena jasa kami dapat dinikmati
oleh siapapun baik usia remaja atau manula, baik yang sudah berkeluarga atau
belum berkelurga dan juga dapat dinikmati oleh konsumen yang sudah bekerja atau
yang masih sekolah bahkan di bawah umur sekalipun.
§ Psikografis
Kita
memberikan harga terjangkau sesuai kebutuhan jadi bisa dinikmati mereka kelas
menengah dan menengah keatas.
§ Perilaku
Konsumen
tidak perlu repot untuk menjangkau rental mobil kami saat memerlukan atau
membutuhkan. Dan dengan keramahan, ketrampilan dan ketelitian kami, maka akan
tercipta loyalitas dan kepuasan konsumen.
B.
Targeting
Dari beberapa target market, usaha rental
mobil kami masuk dalam kategori product specialization. Yang dimaksud
adalah perusahaan hanya berkosentrasi membuat produk tertentu, melalui cara
ini, perusahaan membangun reputasi yang kuat di produk yang spesifik. Namun
resikonya tetap ada, yaitu apabila terjadi kekurangan bahan untuk pembuatan
produknya atau keterlambatan melakukan perubahan teknologi. Jadi penjelasannya,
karena produk yang kami hasilkan adalah kenyamanan bertransportasi, maka kami
harus memberikan hasil dan pelayanan yang berkualitas
bagus.
Pada perusahaan
saya, segmentasi saya adalah para mahasiswa yang membutuhkan persewaan mobil
yang dibuat berwisata atau study tour dengan harga yang relative murah.
Targeting dari pemasaran produk rental mobil ini lebih menitik beratkan pada
konsumen dengan kemampuan finansial yang cukup. Sehingga dengan segmentasi dan
targeting tersebut bisa meningkatkan jumlah pelanggan. Saya juga menyediakan
jasa supir pribadi, namun untuk anda yang hendak menggunakan sendiri alias
tanpa jasa supir biasanya saya
menyertakan beberapa syarat dan ketentuan.
C.
Positioning
Produk
inti dari jasa saya adalah rental mobil yang mana saya menyediakan persewaan
mobil untuk para mahisiswa atau pelajar yang membutuhkan peminjaman mobil untuk
berwisata atau study tour. Produk tambahan dalam jasa saya selain rental mobil,
para penyewa mobil akan mendapatkan produk tambahan dari saya yaitu berupa
snack dan dalam mobil rental saya ada tambahan GPRS, TV,dll. Produk actual
yaitu salah satunya GPRS yang dimana ketika para konsumen menggunakan jasa saya
akan merasa nyaman internet-an selama perjalanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar