BAB 12
MANAJEMEN KUALITAS JASA
Menurut Parasuraman, Zeithamal dan Berry (1985)teridentifikasi sepuluh
faktor yang dinilai konsumen merupakan faktor utama yang menentukan kualitas
jasa, yaitu: access, communication, competence, courtesy, creadibility, reability,
responsiviness, security, understanding, dan tangible. Selanjutnya Parasuraman
melakukan kembali penelitian pada kelompok focus baik pengguna maupun penyedia
jasa. Akhirnya ditemukan hasil,bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara
communication, competence, cortesy, credibility, dan security yang kemudian
dikelompokkan menjadi satu dimensi yaitu assurance. Demikian halnya mereka
menemukan hubungan yang sangat kuat diantara accses dan understanding yang
kemudian digabung menjadi dimensi empaty. Lima dimensi kualitas jasa, yang
terdiri dari:
1.
Tangibles(bentuk
fasik fisik)
penampilan
dan kemampuan sarana prasarana fisik harus dapat diandalka. Tersedianya
fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi serta yang lainnya dapat
dan harus ada dalam proses jasa. Atribut atributnya yang ada:
a.
Peralatan yang
modern
Untuk
Erlangga rent car ini memanfaatkan peralatan yang modern dalam sarana
komunikasi dengan pelanggan. Untuk informasi harga dan pelayanan kami bisa Anda
hubungi di bagian kontak website ini. Dan dapatkan harga yang terbaik dengan
menghubungi kami sekaranag juga untuk perjalanan Anda nantinya. Yang kedua, Anda bisa menghubungi Kami melalui Email maupun Telepon setiap alat transportasi yang digunakan dalam perjalanan
dilengkapi GPS ,GPRS,
TV,dll. Produk actual yaitu salah satunya GPRS yang dimana ketika para konsumen
menggunakan jasa saya akan merasa nyaman internet-an selama perjalanan.
b.
Fasilitas yang
menarik
Kondisi armada mobil yang serba mewah dan baru
tentunya akan memberikan kenyaman Anda saat dalam perjalanan. Berbagai paket
wisata maupun tour keliling kota akan selalu kami antarkan sampai tujuan,
dengan driver yang ramah, sopan dan wajib bagi kami untuk selalu bertanggung
jawab terhadap customer. Para
penyewa mobil akan mendapatkan produk tambahan dari saya yaitu berupa snack dan
dalam mobil rental saya ada tambahan GPRS, TV,dll. Produk actual yaitu salah
satunya GPRS yang dimana ketika para konsumen menggunakan jasa saya akan merasa
nyaman internet-an selama perjalanan. apabila di saat perjalanan mudik ada suatu hambatan
kemacetan yang terutama, itu sudah kami antisipasi dengan kemahiran
driver-driver kami untuk mencari jalan alternatif saat menuju kota tujuan.
2.
Realibility
(kehandalan)
Kemampuan
memberikan pelayanan sesuuai dengan janji yang dijanjikan secara akurat dan
terpercaya. Terdiri dari :
a.
Memberikan
pelayanan sesuai janji
Janji
kami adalah Kami juga
akan memberikan semaksimal mungkin untuk melayani dengan sepenuh hati terhadap
para tamu dan konsumen.
b.
Pertanggungjawaban
tentang penanganan konsumen akan masalah pelayanan.
Untuk
mengantisipasi hal ini kami memberikan pelayanan call center yang menangani
keluhan konsumen dan sekaligus memberikan solusi pula. Tanggung jawab dalam sebuah
mengemban tugas, entah dari driver maupun semua karyawan tentunya sudah kami
berikan arahan yang terbaik untuk melayani tamu yang akan menyewa di tempat
Kami. Selain itu dari segi pertanggung jawaban yang kami berikan juga kami
berikan berbagai kemudahan untuk berkomunikasi untuk mempererat silaturahmi
antara tamu dan perusahaan rental mobil.
c.
Memberikan
pelayanan tepat waktu
Sudah
pasti,karena kunci keberhasilan perusahaan kami adalah melayani pengiriman tepat waktu
d.
Memberikan
informasi kepada konsumen tentang kapan pelayanan yang dijanjikan akan
direalisasikan.
Karena dari pelayanan sebuah jasa sewa mobil ini juga akan memberikan sebuah profesional
sebuah perusahaan sewa mobil. Dan itu juga sudah Kami berikan selama konsumen
akan menyewa di tempat Kami.
Konsumen sangatlah penting bagi perusahaan,mempertahankan keloyalan konsumenpun tidak mudah, sehingga kami dalam memberikan infoormasi sangat berhati – hati dan dengan cara penyampaian yang benar. Sehingga janji yang kami berikan sesuai dengan hrapan konsumen.
Konsumen sangatlah penting bagi perusahaan,mempertahankan keloyalan konsumenpun tidak mudah, sehingga kami dalam memberikan infoormasi sangat berhati – hati dan dengan cara penyampaian yang benar. Sehingga janji yang kami berikan sesuai dengan hrapan konsumen.
3.
Responsiveness
(tanggapan)
Keinginan
untuk membantu pengguna dan memberikan pelayanan dengan cepat serta mampu
mengatasi masalah yang timbul secara professional. Terdiri dari:
a.
Memberikan pelayanan yang cepat
Dalam perjalanan kami member layanan yang cepat, saat
ada kemancetan kami akan memindahkan ke jalur lain yang tidak terkena mancet.
Antisipasi sudah dilakukan.
b.
Kerelaan untuk membantu atau menolong konsumen.
Saat
perjalanan siap membantu konsumen yang membutuhkan sesuatu dalam perjalanan
selama kami bisa, kami siap membantu demi kenyamanan dan keamanan para
konsumen.
c.
Siap dan
tanggap untuk menangani respon permintaan dari para konsumen.
Siap
dan tanggap,perusahaan kami harus selalu siap ketika ada permintaan perjalanan dari
konsumen,oleh karena itu sarana transportasi dalam perjalanan ini harus selalu di cek sehingga tidak
mengalami masalah ketika proses perjalanan.
Armada yang memadai hal terpenting untuk sebuah
persewaan mobil, karena dengan armada tersebut yang bisa di andalkan tentunya
para konsumen dan tamu juga akan merasa nyaman. Karena dengan mobil pilihan dan
yang terbaru itu Anda selalu akan merasa nyaman dan aman selama perjalanan ke
tempat tujuan.
4.
Assurance(jaminan)
Kayawan
diajarkan untuk senyum dan ramah ketika berhadapan langsung dengan konsumen.
Sehingga konsumen merasa nyaman dan senang menggunakan jasa layanan kami.
Dari driver
maupun semua karyawan tentunya sudah kami berikan arahan yang terbaik untuk
melayani tamu yang akan menyewa di tempat Kami. Selain itu dari segi
pertanggung jawaban yang kami berikan juga kami berikan berbagai kemudahan
untuk berkomunikasi untuk mempererat silaturahmi antara tamu dan perusahaan
rental mobil.
Karyawan
juga harus mengetahui seputar perusahaan agar informasi yang disampaikan kepada
konsumen jelas dan benar. Dan jika terjadi kesalahan maka perusahaan akan
menggantinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar